images/images-1681119994.jpg
Pariwisata

Rumah Pocong Sumi, Pernah Ditinggali Menteri Agama Era Soekarno

Pulung Ciptoaji

Apr 10, 2023

591 views

24 Comments

Save

Rumah Pocong Sumi menjadi terkenal karena sering terjadi peristiwa mistis berupa penampakan hantu pocong. Foto instagram justyourordinaryfriend

 

abad.id- Rumah pocong Sumi cukup terkenal, berada di daerah Pos Malang Kotagede. Rumah tersebut berada di dalam Gang Soka, RT 09/ RW 02, Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, sudah ada sejak tahun 1860-an. Tampak dari luar rumah model lawas, tapi cukup rapi. Ukuran rumah cukup besar dan bagus pada masanya, namun kini rumah tersebut tidak terawat dan tidak ada yang menempati.

 

Rumah pocong Sumi dianggap angker karena sering terlihat penampakan pocong di tempat tersebut. Banyak orang yang penasaran mencoba menelusuri kejadian yang melatar belakanginya, sehingga terjadi reduksi negatif yang akhirnya memunculkan penampakan sebuah pocong.

 

Peristiwa itu terjadi pada tahun 1935, Rumah tersebut dihuni oleh Mbak Sumini dan suaminya yang saat itu masih pengantin baru. Rumah bergaya Indische Itu adalah warisan dari orang tua suami Mbak Sumi yang merupakan keluarga pengusaha batik, termasuk suami Mbak Sumi sendiri.

 

Dalam buku Jogja Hidden Story tulisan @mbahK.Jogja menyebutkan, suatu malam, kebetulan cuaca agak gerimis. Suami Mbak Sumi mendadak ada keperluan pergi untuk sebuah kepentingan bisnis. Suami Mbak Sumi sudah berpesan, kalo ada yang mengetuk pintu, siapa pun, tolong jangan dibukakan. Mengingat saat itu Mbak Sumi hanya sendirian di rumah, sementara saudara-saudara yang biasa tinggal di situ juga kebetulan sedang tidak menginap.

 

Rumah Pocong Sumi pernah ditinggali menteri agama

Rumah Pocong Sumi pernah ditinggali menteri agama pada masa pemerintahan Presiden Sukarno di Yogjakarta. Foto istagram dagelan mistis

 

 

Ternyata rumah tersebut sudah diintip kawanan garong berjumlah tiga orang. Mereka menggedor-gedor pintu. Berteriak kalo suaminya kecelakaan. Mbak Sumi yang panik, lupa akan pesan suaminya untuk tidak membukakan pintu bagi siapa pun yang datang. Akhirnya pintu rumah dibuka, dan kawanan garong tersebut masuk dan menjarah harta benda milik Mbak Sumi dan keluarganya.

 

Awalnya mereka tidak berniat mencelakai pemilik rumah, namun ada salah satu dari kawanan garong tersebut yang mempunyai pikiran cabul. Mbak Sumi yang saat itu dalam kondisi terikat dan mulutnya disumpal kain, akhirnya diperkosa. Mbak Sumi yang mencoba melawan akhirnya tewas dicekik kawanan garong tersebut.

 

 

Pasca kejadian tersebut, rumah ditinggal dan dibiarkan kosong oleh kerabat suami Mbak Sumi. Pada masa ibukota Republik Indonesia berada di Jogjakarta, rumah Pocong Sumi pernah menjadi tempat tinggal menteri jaman Presiden Sukarno, yaitu Prof. Dr. Muhammad Rasjidi yang merupakan menteri agama kedua. Setelah ibukota pindah ke Jakarta, rumah tersebut kembali kosong. Hingga akhirnya banyak barang halus yang menempati rumah tersebut. Bahkan ada yang menyerupai Mbak Sumi dalam kondisi sudah dipocong. Magluk halus tersebut seringkali menakut-nakuti warga yang lewat, hanya untuk sekadar menunjukkan eksistensinya bahwa mereka itu ada.

 

Rumah yang awalnya dipandang mewah, berubah drastis dan penuh cerita horor oleh masyarakat Yogjakarta. Apalagi setelah banyak saksi yang mengaku pernah melihat Pocong Sumi yang muncul malam hari di saat jalanan sepi. Biasanya akan lebih sering muncul di atas jam 22.00 WIB.

 

Menurut warga yang pernah tinggal di rumah tersebut, Pocong Sumi tidak berbuat jahat jika memiliki niat baik dan begitu pula sebaliknya. Namun memang sering muncul suara tertawa dari dalam rumah.

 

Rumah Pocong berada di dekat dengan tempat wisata Kotagede, jadi banyak pelancong tertarik dan ingin mampir. Mereka yang tertarik dengan Rumah Pocong Sumi gak selalu karena ingin tahu soal keseramannya, tapi ada juga yang sengaja datang untuk melakukan sesi foto.  Karena sangat populer dengan cerita mistisnya, rumah dengan cat putih tersebut sering didatangi oleh kru TV sampai wartawan yang ingin meliput penampakan seram.

 

Sejak namanya naik daun Rumah Pocong Sumi, beberapa content creator YouTube juga ikut datang membuat konten. Namun beberapa tahun terakhir sang pemilik rumah tidak lagi mengizinkan adanya liputan, kecuali hanya untuk konsumsi pribadi dan tidak disebar luaskan. (pul)

 

 

Artikel lainnya

Penyelamatan dan Pemanfaatan Bangunan Langka di Kota Tua Surabaya