images/images-1691194225.jpg
Sejarah

Patung Ganesha

Malika D. Ana

Aug 05, 2023

338 views

24 Comments

Save

Patung Ganesha

 

 

Abad.id - Dewa ini paling menarik, Dewa berkepala Gajah, putra dari Siwa, Dewa Iptek, Dewa yang seumur hidupnya terus menerus belajar, Ganesha merayakan seluruh kehidupannya, sukses dan gagalnya sebagai Siswa yang tidak pernah berhenti belajar, Ganesha tidak akan pernah lulus sama sekali, dia Mahasiswa Abadi !

 

Dalam cerita wayang, ia disebut Bhatara Gana, karena berperan sebagai pemimpin para ganaGana adalah pasukan pengawal Siwa. Dalam tradisi pewayangan, Bhatara Gana adalah pahlawan yang mengalahkan para asura yang hendak menduduki kahyangan para dewa.

 

arca ganesha di majenang sragenGanesha tanpa kepala di Majenang, Sragen Jawa Tengah

 

Dalam beberapa kitab dari India, Ganesa disebutkan mempunyai ciri-ciri pokok sebagai berikut, berkepala gajah, bertangan empat dengan salah satu tangannya memegang ekadanta (gadingnya sendiri yang patah), tangan kiri memegang parasu (kapak perang), dan kedua tangan lainya memegang padma (teratai merah) dan modaka (sweetmeats). Mempunyai trinetra (tiga mata), upavitanya berupa ular, kepalanya merah seperti sindura, tubuhnya merah seperti kunkuma dan duduk di atas seekor tikus, terkadang digambarkan duduk di atas singa.