images/images-1690430131.jpg
Liputan

UKBI Adaptif Merdeka 2023 Kembali Diujikan Balai Bahasa

Pulung Ciptoaji

Jul 27, 2023

474 views

24 Comments

Save

 

KKLP Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI)

 

balai bahasa

 

abad.id-Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (BBP Jawa Timur) menggelar Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif Merdeka, Rabu, 26 Juli 2023, di Surabaya. Salah satu tugas pokok UKBI menyusun instrumen uji. Hal ini bertujuan memenuhi ketersediaan soal UKBI yang siap diujikan kepada masyarakat.

 

Baca Juga : Menguji Wibawa Sukarno di Pertempuran 10 November

 

Menurut Kasubbag TU Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Sri Hariyanti, S.E, tujuan dari kegiatan Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif Merdeka 2023 ini untuk mengukur validitas soal UKBI. Serta bertujuan pengujian instrumen UKBI Adaptif merdeka yang telah di sidangkan sebelumnya. 

 

Selain itu diharapkan tidak berhenti sebatas uji coba saja, melainkan juga untuk memasyarakatkan bahasa Indonesia. “Kita patut berbangga bahwa bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa modern karena memiliki uji kompetensi yang digunakan untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia bagi warganya,” kata kata Sri Hariyati.

 

Baca Juga : Devi Dja, Artis Indonesia Yang Dipuji Hitler

 

Sementara itu Kasubbag Umum BBP Jawa Timur, Ary Setyorini, S.Pd mengatakan, sebenarnya sudah lama Uji kemahiran Berbahasa Indonesia digelar. Sebelum masa pandemi, UKBI digelar menggunakan teks naskah kertas tertulis dan tatap muka. Sementara UKBI Adaptif Merdeka ini bisa dilakukan secara daring, dimana saja dengan waktu yang ditentukan.

 

Untuk uji coba UKBI Adaptif Merdeka hari ini, digelar oleh tim UKBI Balai Bahasa Jawa timur dengan dihadiri 30 orang dari berbagai kalangan profesi, mulai dosen, guru, mahasiswa, siswa kalangan media dan WNA. “Uji coba yang sama juga telah serempak dilakukan di 30 kantor Balai bahasa di seluruh Indonesia,” kata Ary

 

Peserta uji coba mendapatkan soal yang tidak monoton dan selalu mengikuti jaman. Soal selalu update, dan terdiri dari audio, teks naskah dan menulis. Hasil uji coba ini, akan menjadi bahan evaluasi naskah sehingga bisa digunakan untuk soal tahun berikutnya. “Jika hasilnya positif, maka tidak terlalu banyak evaluasi bahan soal untuk tahun berikutnya,” jelas Ary. 

 

Baca Juga : Mengenang 41 Tahun Candi Borobudur Dipugar

 

Tentu bagi yang belum pernah mengikuti UKBI, soal yang diberikan sangat sulit dan perlu adaptasi. Namun soal harus diselesaikan, mengingat pentingnya UKBI ini bagi Warga Negara Indonesia dan WNA penutur asing. (pul)

 

Artikel lainnya

Penyelamatan dan Pemanfaatan Bangunan Langka di Kota Tua Surabaya