images/images-1688652190.jpeg
Indonesiana
Pariwisata

Wisata Setigi, Tempat Keren Berwisata ke Gresik

Pulung Ciptoaji

Jul 06, 2023

558 views

24 Comments

Save

Pemandangan di wisata Setigi yang berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.Lihat Foto  Pulung

 

 

abad.id-Buat anda yang berada di Gresik, pasti mengenal ya tempat wisata yang satu ini. Wisata Setigi ini banyak didatangi wisatawan yang konsepnya cukup menarik, bagaikan istana di bukit kapur.

 

Baca Juga : Rara Anteng dan Joko Seger Dalam Legenda Gunung Bromo

 

Memang, di Indonesia banyak tempat wisata yang dibangun dai bekas lahan tambang. Di Jogja ada Tebing Breksi, di Mojokerto ada Ranu Manduro, di Tangerang ada kandang Godzilla. Sedangkan yang unik dari Wisata Setigi gresik, bekas galian kapur tersebut penuh dengan pemandangan yang instagrambel.

 

wisata setigi

 

Mendapatkan destinasi wisata sekitar Surabaya yang mudah akses, salah satunya menuju ke barat ke kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Nama lokasi wisata Setigi,  berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Terletak 27 kilometer dari exit Tol Manyar, dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan selama 40 menit. Foto Pulung

 

Ada alasan kawasan wisata alam bernama Wisata Setigi. Nama Setigi berasal dari kata selo (batu), tirto (air) dan giri (bukit). Sebab, kawasan wisata ini dikelilingi bebatuan, bukit dan ada danau di tengah-tengahnya.

 

Baca Juga : Mengenang 41 Tahun Candi Borobudur Dipugar

 

Setigi merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Luasnya sekitar 5 hektar. Di sini anda bisa menyaksikan berbagai keindahan pahatan di bukit kapur. Jika dilihat secara keseluruhan, tempat ini bagaikan istana.

 

Wisata Setigi menyuguhkan pemandangan gunung kapur yang tidak biasa. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai wahana. Di antaranya adalah patung Semar, jembatan peradaban, candi topeng nusantara, miniatur masjid Persia, air terjun, telaga Warna, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga : Candi Brahu Bukti Toleransi Beragama di Majapahit

 

Menurut sejarahnya, sejak tahun 2003  kawasan ini adalah lahan bekas tambang. Karena tak lagi difungsikan untuk tempat tambang, masyarakat setempat secara mandiri menyulap kawasan tersebut menjadi daerah wisata yang menarik. Tak hanya pemandangan alam dan sejumlah wahana, pengunjung juga bisa menikmati ragam kuliner di Wisata Setigi. Banyak warga sekitar yang mendirikan lapak berjualan makanan dan minuman. Harganya pun terjangkau.

 

wisata setigi

Wisata Setigi dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)  dan berhasil membuat 24 titik yang sangat instagramble. Foto Pulung

 

Pada tanggal 6 Juni 2022 Wisata Setigi Gresik kembali dibuka setelah hampir 2 tahun ditutup karena pandemi. Pengelola tempat wisata ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk pengunjung yang datang.

 

Baca Juga : Candi Tikus Peninggalan Majapahit Multi Fungsi

 

Tiket masuknya cukup murah ternyata. Tiket untuk dewasa Rp 20 ribu, sedangkan untuk anak-anak cuma Rp 15 ribu saja. Tempat ini dibuka pukul 07.00 pagi sampai 15.00 sore. Buat anda yang ingin menginap, disediakan homestay di sebuah kebun dengan harga terjangkau dengan pemandangan malam di tengah kebun. (pul)